Contact Us

Name

Email *

Message *

Cara memperbaiki tv mati Total

Cara memperbaiki tv mati Total


Kali ini saya membahas cara membaiki tv mati total, masalah ini menurut saya mudah,saya ingin membagi pengalaman untuk anda yang baru belajar,atau ingin memperbaiki tv sendiri, ingat  postingan ini hanya untuk mereka yg belum berpengalaman memperbaiki tv mati total, ataupun mereka yang ingin coba memperbaikin tv sendiri sebelum memanggil tukang servis.

Mati total di identikkan dengan dengan tidak menyalanya lampu Power yang biasa berwarna merah, dan jaman sekarang berwarna biru. juga tidak adanya suara-suara mendenging dari dalam pesawat televisi.
Jika ada suara mendenging kemungkinan ada komponen aktiv yang korslet sehingga menyumbat output trafo regulator.
Mati total bisa juga di tandai dengan tidak adanya bunga api saat kita mencolok kabel AC tv ke stop contak. ini dalam artian Switch Power TV dalam keadaan ON.

Secara Blok Rangkaian, mati total di sebabkan rangkaian Regulator/Catu Daya/AC Matic tv tidak Bekerja. atau ada kemungkinan dari rangkaian horizontalnya,kumungkinan yang rusak transistor,flaybeck,atau condensator tegangan tinggi

sering saya dapatkan, pemilik tv yang rusak mati total mengira kabel AC lisriknya yag putus, sehingga mereka inisiatif sendiri memotong dan mengganti kepala colokan kabel tv itu, namun hasilnya sama. Padahal, kabel itu gag bakalanputus kecuali di makan tikus, atau kejepit meja dan di tarik secara berlebihan.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuka penutup/ chasing tv, jika sudah coba lihat Fuse/skring (bagi yang awam, bisa ikuti jalur kabel ac masuk ke papanmesin tv, biasa dekat-dekat situ) jika tidak putus, keungkinan Switch Power yang bermasalah, jika anda agak berani bisa menjumpernya memakai kawat atau kabel kecil. setelah itu tes nyalahkan tv,kalau masih putus atau MCB meter turun berarti ada komponen yang mati pada bagian regulatornya.

Coba tes 4 dioda yang dari tegangan AC tes dengan AVO meter posisi ohm,jika di bolak balik avo tetap bergerak berarti mati langsung ganti saja,kemudian tes juga ELCO yang bertegangan 400V tes posisi ohm juga sama seperti ngetes dioda tadi jika di bolak balik jalan kemungkinan besar transistor regulatornya mati/shot,copot saja kemudian ukur dengan avo juga jika dibolak balik jalan berarti transistornya mati,langsung ganti saja.
                                   

Hasil gambar untuk transistor switching regulator              

    gambar 01.STR regulator  


Hasil gambar untuk transistor switching regulator
     gambar 02.transistor regulator


Jika transistor sudah di ganti tetapi masih belum nyala mungkin di bagian horizontalnya,tapi kalau lampu power nyala tetapi layar tidak nyala berarti bagian horizontal juga, cek tegangan 115V jika ada....! kemungkinan dari osilator atau dari driver horizontalnya yang mati ,tapi kalau layar nyala cuma ada garis horizontal berarti IC vertikal mati atau tegangan vertikal tidak ada.

                                                                                                    



No comments:

Popular Post Thumb

Back To Top