Contact Us

Name

Email *

Message *

Belajar iCara Memperbaiki Tv Rusak Warna Kuningnya

Belajar iCara Memperbaiki Tv Rusak Warna Kuningnya

Pada pembahasan kali ini kita akan pempelajari tentang Tv yang Rusak Warna Kuningnya.Sebelum kita memperbaiki tv yang seperti ini kita perlu tahu dahulu tentang warna - warna dasar pada pesawat televisi/tv. Pada dasarnya televisi/tv mempunyai 3 dasar warna yaitu 

1.Red     =  Warna Merah
2.Green  =  Warna Hijau 
3.Blue    =  Warna Biru


Tapi biasa nya hanya disebut RGB,atau bagian RGB.Sedangkan pembahasan yang kita pelajari kali ini membahas tentang  Tv yang Rusak Warna Kuning,itu berarti tv tersebut tidak menampilkan gambar yang berwarna kuning/hijau,
Ada beberapa faktor kenapa televisi/tv tidak menampikan salah satu warna atau hanya tampil satu warna saja,Penyebabnya antara lain yaitu  :


A.Rusak pada Tabungnya/layar
B.Rusak pada bagian driver RGB
C.Rusak pada bagian chroma/output RGB

A.Rusak pada Tabung/layar
Tabung/layar juga mempunyai 3 warna dasar yaitu RGB (Red,Green,Blue).Untuk mengetahui kalau tabung ini rusak.....!!!,Baik rusak sebagian warnanya ataupun mati total/tidak tampil gambar sama sekali,langkah yang harus kita kerjakan :
a.Buka dulu tutup belakang televisi,kemudian hidupkan mesin tv,kalau belakang tabung
menyala terang berwarna kebiruan berarti tabung tersebut mati total/sudah tidak bisa di pakai lagi.
b.Masih pada kondisi mesin menyala,jika tabung belakang hanya menyala berwana kuning tapi gak begitu terang,langkah selanjutnya periksa tegangan pada kaki katoda tabung/pada bagian rgb,tes dengan menggunakan avo meter posisi 250v DC,untuk normalnya tegangan ini biasanya antara 70v  s/d 130v.kalau tegangannya normal.Tetapi warna nuning atau warna salah satu yang lain tidak muncul berarti tabung tersebut sudah tidak normal.
c.Biasanya kalau kasus seperti ini masih bisa di tangani,dengan cara menyamprot/ menghubungkan kaki tabung bagian katoda yang hilang warnanya dengan tegangan fokus dari flaybeck,misalnya katoda warna kuning tipis atau hilang,coba di semprot saja,carannya : lepas dulu kaki socket CRT pada kaki katoda yang warna kuning kemudian dekatkan kabel fokus ke kaki socket yang di lepas tadi,coba berulang sampai hasilnya maksimal,jika di semprot sudah tidak bisa kemungkinan hiternya sudah putus,dan sudah tidak bisa di selamatkan lagi...... good by...!!!!! .. Jika tabung bagus mungkin yang rusak di bagian driver rgb.

B.Rusak pada bagian driver RGB.
Jika televisi rusak pada bagian driver rgb,ini biasanya sangat mudah di deteksi,sebab komponen di bagian ini sangat sedikit sekali.periksa dulu solderannya mungkin banyak yang retak-retak atau terlepas.bila solderannya masih bagus semua baru kita tes tegangan dan komponennya. caranya ;hiupkan mesin.. tes dengan avo meter posisi 250v......misalnya :Tv hilang warna kuningnya,langsung saja arahkan kabel merah ke posisi colektor transistor driver rgb, yang ke posisi warna G (Green)  sedangka kabel warna hitam posisi GND,jika jarum avo meter menunjukkan tegangan lebih dari 200v kemungkinan besar transistornya mati,lepas dan tes dengan menggunakan avo meter posisi ohm,jika kaki transistor di bolak balik avo meter tetap jalan  atau tidak jalan sama sekali berarti transistor ini benar mati,ganti saja dengan yang baru. tapi jika transistornya masih bagus semua,dan tegangannya juga normal,tabung bagus,mungkin yang rusak bagian chroma/outpt RGB.

C.Rusak pada bagian chroma/output rgb.
Setelah kita mengecek semua bagian mulai dari Tabung,dan Driver rgb,semua bagus dan tegangannya juga bagus,selanjutnya kita mengecek bagian chroma/output rgb.periksa juga solderan pada IC chroma/output rgb bila ada yang retak retak kita tambah/perbarui solderannya,kemudian kita tes tegangan chroma/output rgb dengan avo meter posisi 10v DC,biasanya tegangan chroma/output rgb ini antara 1v s/d 3v,bila ada tegangan output yang kurang dari itu atau tegangannya 0v coba periksa zener pada bagian ouput rgb,biasany ada yang short/konslet,bila tidak ada zenernya tidak ada berarti ya IC chromanya yang minta di ganti baru..

Semoga sedikit penjelasan saya ini bisa membantu anda mengatasi kerusakan tv yang anda hadapi dan saya ucapkan terima kasih sudah membaca artikel saya


SELAMAT BEKERJA SEMOGA SUKSES.........




No comments:

Popular Post Thumb

Back To Top